Umpan Mancing

Tips dan Trik Seputar Memancing, Umpan Mancing dan Budidaya Ikan

Monday, March 12, 2018

Macam - Macam Umpan Mancing Ikan Wader / Beunteur Sangat Jitu


Umpan Mancing Ikan Wader

Umpan mancing ikan Wader sebenarnya bisa sangat sederhana dan mudah sekali membuatnya karena jenis ikan ini karena kebanyakan umpan ini bisa kita cari di lingkungan sekitar kita.

Ikan wader sendiri merupakan ikan yang berukuran kecil, ikan wader dewasa biasanya kurang lebih 10 cm tetapi bisa juga mencapai hingga 15 cm. Ikan wader sendiri mempunyai ciri memiliki 4 buah kumis pada ujung mulutnya. Ikan wader termasuk ikan social atau ikan yang hidup berkelompok sering ditemukan di parit dangkal yang jernih, sungai kecil berbatu di daerah pegunungan, sungai sedang hingga yang besar, saluran yang mengalir lambat, dan situ dan danau dan bahkan bekas galian pasir juga suka ada. Ikan Wader adalah ikan jenis omnivora atau pemakan segala seperti memakan dari plankton, larva serangga, hingga ke serpih-serpih tumbuhan hijau.

Tetapi untuk jenis – jenis ikan ini ada sampai beberapa ratus type ikan wader yang ada di dunia dengan setiap negara mempunyai sebutan nama yang tidak sama, bahkan juga di Indonesia sendiri setiap daerah mempunyai sebutan nama yang yang tidak sama, seperti ikan cere sebutan dari orang Betawi, seluang untuk orang Kalimantan ,paray sebutan wader dari orang Sunda, pantao serta seluang oleh orang Sumatera, wader ijo untuk orang Jawa dan sebagainya.

Ikan ini umumnya hidup dengan liar karna kami tidak sering mendengar ada orang yang ingin membudidayakannya, tetapi satu diantara hal yang begitu menarik yaitu ikan wader jadi satu diantara favorite untuk beberapa pemancing. Argumennya meskipun ikan ini memiliki ukuran kecil, tetapi begitu gampang untuk dipancing karna mereka seringkali hidup dengan bergerombol serta begitu rakus untuk makan, seolah-olah tidak terasa kenyang.

Untuk umpan mancing ikan wader sendiri bisa dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu umpan alami dan umpan racikan untuk itu akan kita bahas satu persatu :

Umpan mancing ikan wader alami

Umpan mancing jenis ini akn sangat cocok di gunakan di perairan dangkal dan air yang jernih seperti sungai dan rawa – rawa, berikut ini beberapa jenis umpan mancing yang dapat kita gunakan :

Kroto
Kroto merupakan telur semut yang berukuran kecil, akan sesuai denganukuran mulut ikan wader yang kecil juga. Umpan ini cocok digunakan di perairan yang jernih dan bersih karena  akan menjadikan ikan wader mudah melihat makananya

Lumut halus
Pakailah lumut yang masih segar den ganwarna hijau yang gelap. Untuk menambah daya jitu umpan ini dapat kita tambahkan essen vanili
  
Ulat belimbing
Ulat belimbing mempunyai corak warna putih agak kekuning-kuningan dengan ukuran yang kecil sangat cocok untuk ikan wader

Pua karet
Pua Karet atau ulat karet merupakan rayap yang sudah dewasa berwarna putih dengan ekor yang cukup besar tetapi belum tumbuh sayap bisa ditemukan di pohon karet dan tanah sekitar perkebunan karet.

Cacing tanah kecil
Cacing yang digunakan yang berukuran kecil,  umpan cacing kecil ini sangat cocok digunakan saat air keruh kecoklatan dan air sungai sedikit meluap.

Ulat batu
Dikarenakan Ulat batu merupakan makanan alami ikan wader, makanya ulat batu ini adalah umpan yang paling tepat untuk ikan wader

Laron
Laron juga merupakan makanan favorit ikan wader, tetapi jenis umpan susah didapatkan karena jenis umpan musiman

Rayap Aren
di sebut juga pua gantung Terdapat di batang pohon aren dan pohon bambu cocok  untuk mancing wader disungai deras. warnanya yang putih sangat efektip ampuh juga untuk mancing wader di air keruh.

Belatung nangka
ikan wader sangat menyukai wangi dan rasa dari buah nagka pada belatung tersebut, untuk itu belatung nangka sangat ampuh untuk menaklukan wader di sungai dengan arus deras

Umpan mancing ikan Wader Racikan

Umpan mancing jenis ini paling cocok digunakan pada saat lokasi mancing kita adalah perairan yang tenang, perairan dalam seperti waduk danau maupun bekas galian pasir. Tetapi agar hasil bisa banyak yaitu perlu diperhatikan adalah sebelum memancing ikan wader ini pemancing harus menarik perhatian sekumpulan ikan ini supaya mendekat dan berkumpul di area sekitar tempat kita memancing

Tahu kuning
Gunakan tahu kuning yang masih baru bahkan sangat bagus lagi kalau masih baru keluar dari pabrik karena kita akan mendapatkan aroma kedelai yang masih segar dan tajam. Cara pakainya yaitu potonglah tahu menjadi beberapa kotak-kotak kecil , sesuaikan dengan ukuran mata kail anda, tahu dijemur terlebih dahulu beberapa saat sebelum dipakai agar lebih liat ketika dilemparkan ke dalam air dan tidak gampang lepas. 
Umpan biskuit regal 4 keping di uleni air aja udah cukup buat menuhin ember cat 5 kg dalam 2 jam aja.

Mie instan
Cara membuatnya tumbuk mie instan sampai halus, lalu seduh dengan air panas kemudian aduk sampai jadi adonan yang mudah dibulatkan setelah itu Masukan 2 sampai 3 teteh sari buah (esen). Umpan wader jitu siap digunakan
Tips : Untuk memilih esen yang mantap untuk mancing wader adalah sari buah nangka atau sari buah durian. sari buah ini asli nya sebagai pewangi rasa buah untuk makanan dan banyak di jual di toko pancing atau di toko bahan kue.

Jagung  muda plus DS8/DS2
Cara pembuatannya Jagung muda di parut sampai halus kemudian parutan jagung di kukus sampai matang, lalu aduk sampai jadi adonan keras, setelah itu campurkan sedikit mentega dan aduk sampat adonan mudah di bulatkan. Campurkan sedikit perangsang (DS8/DS2) secukupnya

Tips & Trik Mancing ikan wader

Langkah memancing ikan wader disungai

1. Sediakan pancing atau walesan tanpa ada apungan. Mengapa tanpa ada apungan karna bila anda memakai apungan disungai jadi apungan juga akan gampang tenggelam, sehinga sia-sia saat ikan menelan umpan akan tidak tampak. Pakai per (pegas) pancing yang dapat anda beli ditoko atau anda dapat juga memakai fiber pancing umum tetapi ujungnya selama satu jengkal dipipihkan sampai tidak tebal serta gampang melengkung. Penambahan catatan pakai mata pancing yang memiliki ukuran kecil.

2. Saya anjurkan memakai umpan yang sudah dibahas diatas silahkan pilih menurut selera anda, ingat selalu memilih sesuai karakteristik sungai dimana anda memancing.

3. Sediakan seikat daun ketela, yang digunakan untuk menarik ikan supaya ikan bergerombol di tempat anda memancing.

4. Bila telah ada dilokasi untuk memancing, mencari tempat yang airnya jernih serta agak dalam, lalu masukan seikat daun ketela itu ke air. Anda dapat melalukannya lewat cara mengikat daun ketela itu dengan tali serta diikatkan pada suatu batu yang cukup besar, hal semacam ini mempunyai tujuan supaya daun ketela tidak terbawa arus air. Lewat daun ketela yang di rendam itu, peluang besar ikan wader juga akan bergerombol untuk menelannya.

5. masukan mata pancing anda ke air, serta jangan pernah tempat per pancing naik ke atas, karna bila sekian anda sangat dalam memasukannya sampai ke dasar sungai. Baiknya tempat per juga akan lurus horizontal.

6. Ikan wader termasuk begitu agresif, hingga tunggulah sampai per pancing melengkung kebawah sepanjang sekitaran 2 detik kemudian tarik dan kemudian ikan akan ketarik dengan mudah karena ikan wader ukurannya tidak terlalu besar. Meskipun ikan wader memiliki ukuran kecil, tetapi biasanya pemancing ikan ini memperoleh hasil tangkapan semakin banyak daripada memancing ikan tawar yang lain.

Langkah memancing ikan wader dirawa

Biasanya nyaris sama juga dengan langkah di atas, tetapi ketidaksamaanya anda tambah baik memakai apungan bila memancing di rawa atau di tempat yang airnya tenang.
1. Tentukan tempat di tepi rawa yang cukup dalam didekat tumbuhan-tumbuhan air, karna ikan ini lebih sukai di tempat begini serta tidak mesti ketengah rawa.
2. Menurut pengalaman untuk memperoleh hasil tangkapan ikan wader yang semakin besar (Umumnya ikan wader dirawa ukurannya semakin besar daripada yang dapat hidup disungai), pakai umpan lumut sawah yang digabung dengan sedikit garam serta pati kanji. Langkahnya pakai ember kecil lalu campur lumut sawah dengan sedikit air, sedikit garam serta pati kanji. Bila telah input mata pancing dalam ember itu serta diputar-putar sampai lumut melekat pada mata pancing serta menggumpal.
3. Untuk umpan anda juga tetaplah dapat memakai umpan seperti saat mancing di sungai, karna umpan paling utama dari wader yaitu roti, bakwan serta tahu.
4. Saat anda memancing tunggulah sampai apungan turun kebawah, karna ikan wader begitu rakus serta agresif, hingga saat makan sama-sama berebut serta dibawa lari. Jika apungan bergerak sedikit-sedikit saja serta berkali-kali tambah baik biarlah saja tunggulah sampai turun jangan tergesa gesa menariknya karena takutnya ikan belum terkena kail pancing.

Demikian artikel tentang umpan mancing ikan wader ini semoga menambah wawasan anda tentang memancing, terima kasih.










728x90

Popular Post

 
Back To Top