Umpan Mancing

Tips dan Trik Seputar Memancing, Umpan Mancing dan Budidaya Ikan

Tuesday, February 27, 2018

IKAN WADER : Ciri – Ciri, Jenis – Jenis, Habitat, dan Cara Budidaya

Gambar Ikan Wader
Ikan Wader

Ikan wader adalah jenis ikan air tawar yang memiliki ukuran kecil dengan rata-rata berkisar 100 mili meter hingga sampai 170 mili meter yang dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan spotted barb. Di wilayah indonesia sendiri ikan wader menyebar cukup luas dimulai dari daerah kalimantan, bali, jawa, sumatra sampai ke lombok. Ikan wader sendiri didolongkan ke dalam suku Cyprinidae ikan wader bintik yang pertama kali di temukan dan dilakukan pengembangan oleh seorang peneliti yang bernama Van Hasselt sekitar pada tahun 1823 dengan diberikan nama ilmiah sebagai Barbus Maculatus. Sesudah melakukan penelitan yang lebih lanjut dari sebelumnya lalu dikembangkan lagi oleh Achille Valenciennes dengan memberikan beberapa nama terhadap ikan wader bintik dua yang diberikan nama Barbus Binotatus pada kelas Actinopterygii dari kerajaan Animalia dan Ordo Cypriniformes.

Habitat Ikan Wader

Habitat wader berada diperairan yang memiliki arus yang cukup kencang, ikan ini juga dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang berkelompok. Ikan wader hidupnya berkelompok dan banyak ditemukan di danau, sungai, galian tanah yang berair, rawa dan lain sebagainya.
Biasanya, wader hidup di air yang cukup jernih. Ikan ini akan sulit beradaptasi di air yang keruh sehingga kita akan sangat jarang menemukan ikan ini di air-air keruh. Ikan ini tidak aktif pada malam hari, ikan wader juga menjadi salah satu incaran bagi ikan predator seperti gabus, lele, arwana dan ikan-ikan lainnya.
Ikan wader banyak ditemukan di perairan sumatera, kalimantan, bangka, sulawesi dan jawa. Ikan ini bisa hidup di air payau. Sebutan lain ikan wader di setiap daerah juga berbeda-beda, ada yang menyebutnya sebagai ikan tanah-tanah, ikan payun, ikan cere, ikan badar, ikan pantau dan lain sebagainya. Menurut beberapa informasi yang ada di internet mengatakan bahwa sebutan wader tersebut juga tergantung dari jenisnya, karena jenis wader bermacam-macam.


Jenis Ikan Wader

Jenis wader banyak macamnya dan dari jenis-jenis tersebut, bentuknya juga hampir mirip-mirip dengan jenis dari ikan wader lainnya. Saya mungkin tidak akan menjelaskan secara spesifik tapi akan saya coba memberikan kepada anda semua mulai dari jenis yang terkenal hingga jenis yang bisa dijadikan ikan hias.
  • Wader Bintik Dua
  • Wader Pari
  • Wader Hias
  • Wader Garis Satu
  • Wader Sisik Emas

Itu adalah beberapa jenis ikan wader yang terkenal di Indonesia. Ikan ini tidak akan bisa besar. Wader terbesar memiliki ukuran hanya 2 Ons saja, itupun sangat sulit menemukannya.

Budidaya Ikan Wader

Cara budidaya wader yang paling banyak diketahui adalah dengan kolam yang dibuat di danau atau di sungai. Cara ini sangat gampang untuk dilakukan dan tidak perlu mengganti air. Jika anda ingin ternak ikan wader di kolam, maka anda harus rajin mengganti airnya, sebab jika air tidak diganti, maka wader akan mudah sekali mati. Jika air di dalam kolam butek, maka dapat dipastikan ikan akan sangat sulit untuk dibudidayakan.
Pakan ikan wader bisa disesuaikan dengan keadaan atau lingkungan tempat budidaya ikan tersebut. Biasanya, jika anda tidak ingin repot, maka gunakan pelet sebagai makanan utamanya. Langkah-langkah budidaya ikan wader bisa anda lihat dibawah ini:
  • Mempersiapkan Kolam
  • Memasukkan Indukan Wader yang siap produksi
  • Kolam harus memiliki kadar air yang bagus serta oksigen yang cukup
  • Memberikan makanan yang baik agar perkembangan tubuh semakin cepat

Itu adalah cara yang bisa dilakukan apabila ingin ternak wader dirumah. Sebenarnya hampir sama seperti budidaya ikan lele yang ada dikolam. Namun, perbedaannya, air di dalam kolam harus tetap bersih dan kaya akan oksigen.

Ciri-Ciri Ikan Wader

Ciri - ciri ikan wader tentu yang paling identik adalah ukurannya yang kecil hanya sebesar ibu jari orang dewasa. Jika anda ingin mempeliharanya sampai besar sampai 4 jari orang dewasa, maka itu akan memakan waktu kurang lebih 1 tahun. Perkembangan ikan wader juga tidak terlalu cepat dibandingkan dengan ikan patin dan lain sebagainya.

Ciri Wader Jantan

  • Tubuh Lebih Ramping
  • Bentuk Muka yang menonjol
  • Warna lebih kusam

Ciri wader betina

  • Tubuh Lebih Besar dibandingkan jantan
  • Bentuk muka yang sedikit masuk kedalam
  • Warna yang lebih hitam
  • Tubuh wader betina akan lebih cepat besar dibandingkan dengan tubuh jantan

Manfaat Ikan Wader

Manfaat Ikan Wader
Goreng Ikan Wader

Di luar negeri ikan ini punya nilai komersial yg cukup terutama jadi ikan hias untuk akuarium. Tetapi ternyata Ikan Wader sebagai ikan konsumsi yg diminati, tapi cuma di Daerah Indonesia Saja. Di Jawa Barat, beunteur (wader) kerapkali dipancing buat kesenangan.  Ternyata ikan Wader ini walau kecil enak rasanya

728x90

Popular Post

 
Back To Top