Umpan Mancing

Tips dan Trik Seputar Memancing, Umpan Mancing dan Budidaya Ikan

Wednesday, February 28, 2018

IKAN LELE Pengertian, Klasifikasi, jenis – jenis, Budidaya

Budidaya Ikan Lele
Ikan Lele


Klasifikasi Ikan Lele

Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygi
Ordo : Ostariophysi
Famili : Claridae
Genus : Clarias
Spesies : Clarias Sp

Pengertian Ikan Lele

Ikan Lele hewan yang termasuk kedalam keluarga Clarias. Nama ini datang dari bahasa Yunani chlaros, yang bermakna hidup, merujuk pada kekuatan ikan ini untuk hidup lama di air. ikan lele termasuk ikan yang tidak mempunyai sisik dibagian badan, mempunyai kumis dibagian depan, serta patil di samping. Ikan lele memiliki bentuk bulat serta memanjang, kulit licin, berlendir serta mempunyai warna beragam bergantung variates ada hitam, kekuningan, coklat kehitaman dan bahkan ada yang albino. Diluar itu, ikan lele juga mempunyai sirip yang tunggal dibagian punggung dan ekor.

Beberapa Jenis Ikan Lele

Di Indonesia Setidaknya ada 6 type popular ikan lele yang dapat di budidayakan, diantaranya :
  1. Clarias batrachus, nama ikan lele ini dikenal dengan nama ikan lele di jawa, ikan maut di sumatera utara, ikan pintet di kalimantan selatan, dan ikan kalang di sumatera barat.
  2. Clarias teysmani, nama ikan lele ini di kenal dengan nama lele kembang di jawa barat, kalang putih di padang.
  3. Clarias melanoderma, ikan lele ini di kenal juga dengan nama wais di jawa tengah, ikan duri di sumatera selatan, wiru di jawa barat.
  4. Clarias nieuhofi, nama ikan lele ini di kenal juga dengan nama ikan lindi di jawa, limbat di sumatera barat, kaleh di kalimantan selatan.
  5. Clarias loiacanthus, nama ikan lele ini di kenal juga dengan nama ikan penang di kalimantan timur dan ikan keli di sumatera barat.
  6. Clarias gariepinus, nama ikan lele ini di kenal dengan nama lele dumbo.


Manfaat Ikan Lele

Jika kita berbicara ikan lele maka hampir semua masyarakat Indonesia tahu dikarenakan ikan lele termasuk dalam ikan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat, terutama didaerah Jawa ikan lele biasa diolah menjadi Pecel Lele.
Ikan lele sendiri sekarang sudah banyak di kembangbiakan / dibudidayaka di masyarat terutama Lele dumbo yang popular jadi ikan ternak, yang sebenarnya berasal dari Afrika dari Afrika.

Ada pula Ikan lele yang dimanfatkan jadi ikan hias terlebih type ikan lele Albino, karna termasuk ikan lele hias dan mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi dibanding ikan lele lainnya

Langkah Budidaya Ikan Lele

Pemilihan Bibit Ikan lele

Bibit yang bagus memiliki persyaratan jadi berikut :
  1. Pergerakan lincah
  2. Warna hitam
  3. Tidak terserang penyakit

Sebelum mengambil keputusan untuk mulai budidaya ikan lele, baiknya anda pilih type lele apa yang menginginkan dibudidayakan. daftar nama nama lele yang dapat dibudidayakan dengan mandiri lele lokal, lele dumbo, lele sangkuriang, Lele Arab, lele phyton,
Tanyakanlah sampai jelas pada penjual bibit ikan, supaya kelak waktu sistem pembesaran, kita sudah tahu apa yang perlu dikerjakan.

Perbedaan Ikan Lele Jantan dengan Betina

Ketidaksamaan pada ikan lele jantan serta betina, yakni :
  1. Bentuk kepala jantan lebih kecil dari lele betina
  2. Warna kulit dada lele jantan lebih gelap apabila dibanding lele betina
  3. Lele jantan pada bentuk alat kelaminnya (papilla) agak menonjol serta memanjang ke arah belakang sedang betina bentuknya membulat
  4. Pergerakan lele jantan lebih aktif serta lincah sedang lele betina tidak  pergerakannya tidak aktif
  5. Tulang kepala pendek serta agak pipih pada lele jantan sedang lele betina panjang serta agak sembung.
  6. Pada bagian perut ikan lele jantan lebih ramping serta kenyal sedangkan betina memiliki bentuk yang buncit atau gembung serta lembek.
  7. Lele jantan tidak bisa distriping sedang betina bisa. Bila dstriping lele betina juga akan keluarkan telur.


Penebaran bibit Ikan lele

Untuk penebaran bibit, debet air di upayakan tidak lebih dari 40 cm, hal itu untuk mempermudah peternak memonitor ikan, perubahan suhu pada air dangkal lebih cepat, hal tersebut untuk mempermudah bibit ikan lele untuk menyesuaikan dengan lingkungan. Pengisian air sampai penuh, sekita 70 cm dikerjakan sesudah lele telah mempunyai panjang badan sekitaran 8-10 cm

Pakan Ikan lele

Untuk berikan pakan lele, umumnya bisa diberikan 3 kali satu hari atau 2 kali satu hari, bergantung pada hasrat peternak lele. Tetapi porsinya sama juga, janganlah dikurang atau ditambah. Untuk 1 ekor ikan lele dewasa memerlukan pakan 3-6% dari bobot badannya. Untuk saat yang tapat waktu pemberian pakan yaitu pagi hari serta sore mendekati malam hari. Dan perlu diperhatikan jangan sampai telat memberikan pakan pada lele dikarenakan lele memiliki sifat kanibalisme dan jika kekurangan pakan sifat kanibalisme tersebut semakin tinggi. Dan mengenai sifat kanibalisme ini dalam pembudidayan lele diperlukan penyortiran dikarenakan jika ukuran ikan lele berbeda beda akan mengakibatkan ikan lele yang besar akan memakan ikan lele yang lebih kecil.

Walaupun ikan lele merupakan ikan yang sangat kuat tetapi pemberian vitamin harus juga dikerjakan, peranannya supaya lele senantiasa sehat serta tidak gampang stress. Apabila lele sehat serta tidak stress jadi pertumbuhannya semakin lebih cepat.

Ganti Air Kolam

Untuk pergantian air dapat dikerjakan 2 bln. sekali, atau tiap-tiap saat panen. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya tidak menyebabkan penyakit pada kolam, karna kolam yang tidak dibersihkan akan menjadi bau dan umumnya mengundang banyak penyakit yg tidak baik untuk kesehatan ikan lele. Bagaimana caranya menganti air kolam ikan lele? Buang 1/2 dari air kolam lantas isi kembali dengan air bersih. Yakinkan anda buang air kolam dengan memakai lobang yang terdapat pada dasar kolam yang dalam. Hal semacam ini untuk buang kotoran kotoran ikan yang menyebabkan bau.

Pengendalian Hama Pada Kolam

Untuk problem hama, kelihatannya sudah mengetahui ya, seperti biawak, musang, burung, kucing, ular dsb. Butuh di perhatikan, begitu susah untuk mengidentifikasi hama pada kolam tanah. Baiknya sesudah mulai membudidayakan ikan lele, anda dapat menempatkan jaring di sekelilingkolam, apabila anda menggunakna type kolam tanah.

Panen ikan lele

Masa panen lele yang paling bagusadalah saat bobot lele sekitaran 80 hingga 100 gr per ekor, ini untuk lele lokal. Untuk type lele beda ukurannya berlainan. Umumnya usia pembudidayaan ikan lele memerlukan waktu selama 3 bln. atau sekitaran 90 hari.

Pasar serta usaha usaha lele memanglah mengagumkan besar. Hal semacam ini tampak dengan menjamurnya usaha warung pecel lele. Tetapi, hasrat yang tinggi untuk agrobisnis lele sering tidak disertai dengan satu kiat yang pas. Seringkali modal yang sudah ditanamkan habis serta bahkan juga memberikan utang yg tidak sedikit. Keberhasilan satu usaha agrobisnis perikanan membutuhkan pengetahuan yang mendalam serta komprehensif antar sisi tehnis serta non tehnis dalam budidaya lele.

728x90

Popular Post

 
Back To Top